[Drama Jaga Toko] Nggak Ampuh!


Readers, masih inget ceritaku tentang Bapak yang mau balikin obat karena dia merasa obatnya nggak cocok? Nah, hal kayak gini nggak terjadi sekali-dua kali aja lho. Kali ini aku mau cerita kejadian di toko yang agak mirip dengan cerita kemarin nih, readers.

Suatu hari, ada seorang ibu-ibu dan anak perempuannya yang datang ke toko. Kata ibu itu, anak remajanya kena gatel-gatel di kaki sampai kulitnya koreng dan kemerahan. Dia mau kulit anaknya bisa sembuh dan kembali seperti semula, readers. Papaku pun ngasih salep gatel sebagai obat luarnya.

Ini salepnya dioles tipis-tipis aja ya, Bu. Boleh sering-sering oles kok. Trus pantangan makanannya kayak telor, ikan tongkol, dan terasi ya.

Oke Koh. Makasih ya.

Tiga hari kemudian, mereka datang ke toko lagi sambil bawa salep yang mereka beli kemarin, readers. Salepnya pun baru dipakai sebagian.

Koh, ini salepnya nggak ampuh ah! Ada salep lain yang lebih manjur, nggak? Saya mau tuker aja.

Itu kan salepnya belum dipakai sampai habis, Bu? Salep ini bagus kok, banyak yang beli.

Tapi nggak ampuh di anak saya, Koh. Tuh kulitnya belum kembali kayak semula.

Aku dan seorang SPG yang nemenin papa jaga toko pun ikut bicara:

Kan salepnya baru dipakai beberapa hari, Bu. Harus dipakai rutin dulu. Terus pantangan makanannya masih dimakan, nggak?

Nggak, anak saya udah nggak makan telor, ikan tongkol, dan terasi kok.

Kalo udang, cumi, sama makanan amis lain?

Ya itu masih dimakan lah. Kan kemarin cuma disuruh jangan makan telor, terasi, dan ikan tongkol.

Kalo gitu, jangan makan makanan amis-amis dulu, Bu. Salepnya itu terus dipakai aja. Obat herbal memang pelan reaksinya, tapi nggak ada efek samping kok.

Tapi sang ibu terus ngotot mau tuker salep lain nih, readers. Jadi papaku pun bilang sama dia:

Udah, gini aja Bu, saya balikin uang ibu aja ya.

Lho, saya mau tuker salep lain aja, Koh.

Nggak perlu, Bu. Nanti kalo kita kasih salep lain, terus kulit anaknya belum sembuh juga, ibu bakal ngomel lagi ke sini dan minta tuker salep lain.

Ya udah kalo gitu, Koh. Makasih.

Hehehe. Nah, gimana menurut kamu tentang kejadian kayak gini, readers? Mungkin kamu pernah ngalamin juga?

Kayak yang pernah aku bilang sebelumnya, reaksi obat herbal memang lebih lambat daripada obat kimia, readers. Apalagi salep yang baru dipakai tiga hari untuk kulit yang udah sampai koreng. Pasti beda dong prosesnya dengan kulit yang cuma gatel biasa?


Satu lagi, untuk pengobatan kulit yang gatel, memang baiknya hindari makanan-makanan amis dulu, seperti telor, ikan laut, cumi, udang, terasi, kepiting, bahkan ayam negeri. Soalnya, walaupun kita udah rajin minum obat, penyakit masih bisa kambuh kalo kita nggak menjaga pola makan dengan baik, readers :)

Post a Comment

0 Comments