Pengalaman “Unik” yang Kualami Saat Jalan-Jalan Sendirian


Readers, saat me time, aku suka pergi jalan-jalan sendirian. Walaupun banyak pelajaran berhargayang kudapat saat jalan-jalan sendirian, bukan berarti nggak ada pengalaman “unik” yang terjadi lho. Beberapa kali aku mengalami kejadian-kejadian yang nggak terduga, seperti:

Berdiri di Transjakarta atau KRL selama berjam-jam

Aku cukup sering berpergian sendiri dengan menggunakan transportasi umum, seperti KRL dan Transjakarta. Tapi, kalo aku boleh milih salah satu, aku lebih suka naik KRL karena perjalanannya nggak terlalu lama untuk ditempuh, readers. Yaa KRL kan memang beroperasi di atas rel, sedangkan Transjakarta di jalan raya biasa. Jadi, Transjakarta pun turut merasakan macet, apalagi masih banyak kendaraan yang suka menerobos masuk busway. Huft.

Gambar: https://www.liputan6.com/news/read/2692701/malam-tahun-baru-bus-transjakarta-beroperasi-hingga-pukul-0200

Pernah suatu kali, aku naik Transjakarta dari halte Grogol ke Bekasi saat jam pulang kerja, ditambah cuaca sedang hujan pula, readers. Wow, jalanan macet tampak di mana-mana. Alhasil, aku baru sampai di Bekasi dalam waktu tiga jam, dari jam 6 sore sampai 9 malam! Eits, itu pun aku nggak kebagian tempat duduk di Transjakarta lho. Aku harus berdiri selama tiga jam, dan aku baru dapet tempat duduk 10 menit sebelum aku turun, readers. Hiks :’)

Cuma berdua di bioskop sama stranger

Kalo aku penasaran sama suatu film, biasanya aku pergi nonton sendiri ke bioskop nih, readers. Soalnya, suatu kali aku pernah janjian nonton sama temen, eh janjiannya ketunda-tunda terus. Alhasil, filmnya keburu lewat dan aku nggak jadi nonton deh, padahal aku penasaran banget sama filmnya. Saat itu pun aku belum berani untuk nonton sendiri di bioskop karena aku masih ngerasa insecure gitu. Hehehe. Nah, setelah aku coba nonton sendiri di bioskop, aku malah ketagihan sampai sekarang, readers.

Pertama kalinya aku nonton di bioskop cuma berdua saja

Ada kejadian unik yang kualami saat aku nonton sendirian nih. Waktu itu, aku mau nonton film Avengers: Infinity War, yang ada Thanos-nya itu lho, readers. Aku pengen banget nonton karena review-nya oke, sayangnya jadwalku agak padat saat itu. Jadinya, aku baru bisa nonton film itu sebulan setelah penayangannya di bioskop! Untung masih ada bioskop yang nayangin ya. Hehehe. Tapi, udah jelas dong, studio yang nayangin film itu sepiiii banget, readers. Cuma dua orang di dalem studio, yaitu aku dan seorang cowok yang aku nggak kenal. Untunglah yang kita tonton bukan film romance ya. Hehehe.

“Digodain” cowok

Saat seorang cewek masih muda jalan-jalan sendiri, pasti muncul perasaan insecure awalnya. Takut digodain, diisengin, dicopet, dan lain-lain. Aku pun ngerasa hal yang sama sih, readers, apalagi aku pernah mengalaminya juga.


Suatu kali, aku pernah pergi belanja sendiri. Habis muter-muter, aku mau istirahat sebentar nih, jadi aku mampir ke foodcourt buat beli minum. Aku minum sambil duduk sendiri di sana. Suasana foodcourt emang lagi sepi karena itu masih siang dan hari kerja juga. Terus beberapa karyawan foodcourt yang mondar-mandir di sana pun (semuanya cowok) tanya-tanya aku:

Sendirian aja, Kak?
Cuma minum aja, Kak?
Nggak mau nambah kebabnya sekalian, Kak?

Itu masih mending karena mereka nanyanya cukup sopan sih, readers. Ada pengalaman lain yang aku alami saat aku belanja ke supermarket sendiri, ada seorang karyawan cowok yang manggil aku,

Mbak, Mbak…

Pertamanya aku cuekin, tapi dia terus manggil, jadi aku noleh.

Mbaknya cantik deh…

Aku bilang makasih sambil senyum tipis. Eh dianya nanya lagi,

Kok kulitnya bisa putih gitu, rahasianya apa, Mbak?

Kapan aku belanjanya kalo aku tanggapi dia terus? Jadi aku ngeloyor pergi aja. Hehehe.

Sebenernya “kadar” nggak nyaman buat seorang cewek saat digodain cowok memang beda-beda sih, readers. Walaupun aku udah terbiasa jalan-jalan sendiri sekarang, tapi saat aku mengalami hal kayak gitu, perasaan nggak nyaman pasti tetap muncul. Jadi, biasanya aku pakai baju tertutup dan masker untuk menghindari hal itu. Tapi, kalo udah terlanjur, mau nggak mau kita tenang ngehadapinya aja, readers.

Cari sinyal

Repot juga sekarang kalo nggak dapet sinyal HP ya, readers. Saat kita pake kuota internet, sinyal kartu provider tetap penting buat kita, kecuali kalo kamu pake WiFi nih. Beda cerita kalo kamu jalan-jalan sama orang lain, readers. Biasanya kartu provider yang dipakai beda-beda kan? Jadi, kalo kamu nggak punya sinyal, masih ada yang bantuin.


Suatu kali, aku pernah pergi sendiri ke mall deket rumah. Ternyata sinyal kartu provider yang kupakai nggak bagus di sana. Waktu aku mau pesen ojek online untuk pulang, aku harus keliling mall buat nyari sinyal dulu :’) Jadi aku pulangnya telat satu jam gara-gara nyari sinyal aja, readers. Sebenernya aku bisa nebeng WiFi di restoran di sana sih, tapi sayang duitnya ah. Hehehe.

Bawa barang banyak sendiri

Poin ini udah ketebak sebenernya ya, readers? Kalo kamu jalan-jalan sendirian untuk belanja banyak barang, wah siap-siap nenteng semuanya sendiri deh. Habis itu, agak mendingan kalo kamu pulangnya dengan mobil. Tapi, kalo kamu pulang dengan motor atau transportasi umum, kayaknya lebih repot ya?


Dulu aku juga pernah kerepotan bawa pulang belanjaan nih, readers. Yang bikin sulit karena aku pulang naik ojek online dengan bawa empat porsi mie plus kuahnya yang masih panas. Selain kepanasan sama kuah mie-nya dan mastiin makanannya nggak tumpah, aku juga memangku belanjaan lain, seperti dua box roti dan baju, readers :’)

Gambar: http://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/03/31/pengguna-krl-commuter-line-bisa-top-up-kartu-multi-trip-di-alfamart


Ada pengalaman yang nyebelin, ada juga yang nyenengin. Yang pasti semuanya membekas dan lucu untuk diinget lagi, readers. Nah, semoga pengalaman-pengalaman yang unpredictable itu nggak bikin kita kapok untuk jalan-jalan sendiri ya. Kita malah bisa belajar untuk lebih berani dan tenang ngehadapi berbagai kejadian. Ya kan, readers?

Post a Comment

0 Comments