Suasana Liburan Natal dan Tahun Baru di Taiwan

Sudut distrik Banqiao yang dihiasi ornamen Natal
Setelah aku bagi info tentang barang-barang yang perlu dibawa untuk liburan akhir tahun ke Taiwan, sekarang aku mau cerita tentang suasana liburan Natal dan Tahun Baru di sana nih, readers.

Buat kamu yang mau ngerayain Natal dengan suasana istimewa, mungkin kamu akan kecewa karena Hari Natal bukanlah hari libur nasional di Taiwan. Jadi, tanggal 25 Desember nggak berwarna merah di kalender Taiwan lho, readers. Apalagi, pada tahun 2017, tanggal 25 Desember jatuh pada hari Senin. Jadi, orang-orang tetap sibuk bekerja kayak biasanya. Tapi kebaktian Natal tetap dilakukan kok, pada Hari Minggu, tanggal 24 Desember.


Hiasan Natal yang terletak di depan sebuah mal di Taichung

Eits, tenang aja, readers. Suasana Hari Natal tetap kerasa karena kamu masih bisa nemuin banyak ornamen Natal yang menghias kota. Kalo malem hari, matamu bakal dimanjain sama cantiknya lampu-lampu Natal di mana-mana.

Ornamen-ornamen Natal di Dream Mall, Kaohsiung 
Hiasan lampu Natal menghiasi jembatan penyeberangan di distrik Banqiao

Bahkan, menjelang Natal di Taipei, beberapa orang bagi-bagi bungkusan berisi permen dan brosur untuk orang-orang yang keluar-masuk stasiun kereta. Aku termasuk kebagian permennya waktu aku pergi ke kawasan Ximending. Hehehe.

Terus aku juga pernah lihat beberapa anak TK yang jalan berbaris sambil nyanyi (kayaknya sih lagu Natal berbahasa Mandarin) di depan Taipei Main Station. Beberapa dari mereka juga pakai atribut Natal, kayak topi sinterklas. Imut-imut deh pokoknya, readers. Tapi maaf, aku nggak sempet fotoin. Hehehe.

Di bazaar Natal di samping Taipei 101

Nah, beda sama Hari Natal yang nggak termasuk hari raya, tahun baru di sana termasuk tanggal merah kok, readers. Hehehe. Tapi liburnya nggak lama, cuma satu hari di tanggal 1 :’) Untungnya, karena tanggal 1 Januari jatuh pada Hari Senin, orang-orang Taiwan dapet long weekend deh, yaitu hari Sabtu, Minggu, dan Senin (30-31 Desember dan 1 Januari) karena pekerja Taiwan umumnya bekerja dari Senin sampai Jumat, sama kayak Indonesia.

Alhasil nih, readers, tempat-tempat wisata (wisata alam, museum, dan wisata belanja) rame banget pada tiga hari itu karena didatangi turis dan wisatawan lokal. Apalagi malam tahun baru deh. Pusat kota dipenuhi sama warga untuk menghitung detik-detik pergantian tahun bersama dan pesta kembang api, kayak di Taipei 101.

Suasana pergantian tahun di Taipei 101
Gambar: https://eng.taiwan.net.tw/att/1/big_scenic_spots/pic_7927_14.jpg

Nah, sekian artikel yang kutulis berdasarkan pengamatan selama berlibur ke Taiwan di akhir tahun 2017 ini. Semoga bermanfaat ya, readers. Thank you for reading!

Post a Comment

0 Comments