[Drama Jaga Toko] Banci dan Receh

Drama-drama yang aku alami selama bekerja di sebuah toko obat
===============================

Kalo tinggal di daerah pertokoan, siap-siap dihampiri pengamen-pengamen tiap harinya, readers. Ada beberapa tipe pengamen yang biasa lewat di depan tokoku. Dari serombongan mas-mas, ibu-ibu yang bawa anak, ondel-ondel, sampai banci.

Kalo mas-mas sih biasanya nyanyi-nyanyi pakai gitar, tapi lagunya hampir sama tiap hari. Kalo ondel-ondel biasanya pakai gerobak dengan tape yang didorong sama beberapa anak atau remaja gitu. Kalo ibu-ibu dan banci hampir sama. Mereka biasanya pakai mic dan tape yang digendong kayak tas selempang gitu. Bedanya, banci-banci lebih sering ngamen di sore atau malem hari, readers.

Pernah nih suatu sore, aku jaga toko sendirian. Aku udah denger musik kenceng yang diputer tape mendekat ke toko, which means ada banci yang ngamen.

Yap, ternyata bener. Karena aku udah hapal sama beberapa banci yang sering ngamen ke toko, yang ada di pikiranku waktu lihat dia:

Oh, banci yang ini

Nah, ada dua kebetulan yang terjadi saat itu, readers:
  • Banci yang ini agak jarang senyum. Hehehe.
  • Nggak ada duit receh di toko, cuma ada koin 100 rupiah aja.

Ya udah daripada nggak ngasih, aku kasih koin cepek itu, readers. Aku pikir dia nggak bakal merhatiin juga. Eh ternyata…

Ih kok seratus doang.

Eh dibahas juga sama dia. Ya udah, kutunjukin tempat koinku yang kosong melompong sambil bilang “nggak ada receh” dengan tersenyum manis. Terus dia jawab sambil balikin koinnya dan melenggang pergi,

Kalo nggak ada, mending nggak usah.

Lah, maaf :’) Aku kan nggak tahu kalo ada minimal pemberiannya ya. Sejak saat itu, kuusahakan duit receh (minimal 500 rupiah) selalu ada di toko.


8 Mei 2018

Post a Comment

0 Comments